Serba-Serbi Tentang Pembuatan Desain Interior Ruang Tamu

ukuran ruang tamu

Mendesain kali ini menjadi salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk mempercantik  ruangan. Seperti pada ruang tamu yang menjadi salah satu sudut utama ruangan rumah. Ruang tamu yang indah tentu dibentuk dari desain yang apik dan tepat guna. Desain interior ruang tamu memiliki banyak gaya yang bisa Anda gunakan dalam mendesain.

Gaya desain interior ruang tamu

Untuk membuat kesan nyaman dan estetik. Kami akan memberikan beberapa gaya desain interior ruang tamu yang bisa Anda gunakan. Berikut penjelasannya :

  1. Gaya minimalis

Merupakan gaya yang menekankan pada penggunaan perabotan sebanyak yang dibutuhkan dan sesuai tepat guna. Artinya perabotan yang disusun adalah perabotan yang sesuai kegunaan dari ruang tamu tersebut. Penggunaan hiasan secukupnya dan penggunaan warna dinding dengan warna netral. Sangat cocok bagi Anda yang memiliki ukuran ruang tamu yang tidak cukup luas.

  1. Gaya etnik Jawa

Gaya ini menekankan pada penggunaan perabotan dengan konsep adat Jawa. Biasanya banyak penggunaan perabotan dari kayu ataupun rotan. Kesan warna yang ditampilkan adalah cokelat. Kesan hangat akan dapat dirasakan dengan konsep ini. Selain Jawa, konsep daerah lain juga bisa Anda gunakan sesuai dengan konsep yang diinginkan. Seperti Sunda, Bali, dan lainnya.

  1. Gaya industrial

Gaya yang menekankan pada penggunaan dinding atau sisi bangunan yang terlihat mentah atau belum sepenuhnya jadi. Gaya ini biasanya menggunakan dinding yang masih terlihat bagian pendukungnya seperti bata yang sengaja tetap terlihat. Kesan industrial ini mampu memberi kesan yang berbeda pada ruangan Anda. Dengan penataan dan pemilihan warna yang menyatu tentu memberi kesan estetik dan hangat.

desain interior ruang tamu

  1. Gaya vintage

Merupakan gaya yang menggunakan perabotan lama. Seperti sofa, hiasan dinding, meja, lampu. Gaya ini cocok bagi Anda yang menyukai perabotan dengan konsep jadul. Kesan estetik bisa didapat dengan mengombinasikan elemen-elemen warna soft ataupun pudar.

Hiasan ruang tamu yang bisa digunakan

Ketika mendesain tentu ada beberapa perabotan yang bisa Anda gunakan untuk menjadi hiasan di ruangan. Berikut mengenai hiasan ruang tamu yang bisa Anda gunakan :

  1. Lampu sudut

Penggunaan lampu sudut ini bisa menjadi hiasan ruang tamu Anda dengan pemilihan warna yang sesuai dengan konsep desain interior ruang tamu. Biasanya diletakkan di antara dua sofa atau kursi di sudut ruangan. Selain sebagai hiasan, lampu ini juga bisa menjadi penerang tambahan ketika malam hari.

  1. Rak dinding

Penggunaan rak dinding bisa menjadi hiasan ruang tamu Anda. Dengan memilih rak yang ringan dan memiliki bentuk yang estetik bisa menambah kecantikan ruang Anda. Biasanya di rak ini juga bisa diletakkan berbagai pajangan seperti bunga artifisial, foto diri, patung mini, dan hiasan lainnya. Perabotan atau hiasan yang bisa Anda manfaatkan untuk mengisi rak dinding ini.

  1. Tanaman hias

Penggunaan tanaman hias bisa menjadi penghidup suasana desain interior ruang tamu. Kesan segar juga akan didapat. Jika tidak ingin repot dalam perawatannya, Anda bisa gunakan tanaman artifisial yang lebih praktis.

  1. Cermin

Penggunaan cermin sebagai hiasan bisa menjadi pilihan. Cermin juga tak hanya sebagai pemberi kesan estetik saja. Cermin dapat memberikan kesan luas pada ilusi yang dipantulkan oleh cermin. Nah, penggunaan cermin ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang memiliki ukuran ruang tamu yang kurang luas.

Pembahasan tadi adalah sebagian gambaran mengenai desain interior dari ruang tamu. Ketika mendesain perhatikan ukuran ruang tamu yang Anda miliki agar penempatan dan kegunaan ruang terwujud. Setelah memperhitungkan ukuran, barulah Anda mulai mendesain dengan menyiapkan perabotan dan hiasan yang diperlukan. Jangan lupa pilih konsep desain interior ruang tamu sesuai keinginan dan kebutuhan ya.