7 Tips Menata Furniture Ruang Kerja Agar Terasa Lebih Nyaman

tips menata furniture ruang kerja

Tahukah Anda bahwa ruang kerja yang nyaman memiliki dampak yang luar biasa terutama ketika work from home? Desain interior ruang kerja yang terorganisir dengan baik dapat menghilangkan gangguan dari apapun dan membantu Anda untuk tetap produktif selama work from home.

Tips Menata Furniture Ruang Kerja

Berikut adalah 7 tips menata furniture ruang kerja Anda yang bisa Anda terapkan:

  1. Bersihkan kantor Anda

7 tips menata furniture ruang kerja
Photo by Gabriel Beaudry on Unsplash

Setiap perubahan besar dimulai dengan pembersihan. Rapikan ruang kerja Anda, kosongkan dan singkirkan semua hal yang tidak menambah nilai produktivitas Anda.

Fokus pada satu area pada satu waktu, dapatkan inspirasi dari majalah, pinterest, dan situs web lain tentang jenis ruang kerja yang ingin Anda buat. Keluarkan furnitur, file, dan kelompokkan barang-barang yang tidak perlu menurut kategori kegunaannya.

Melakukan ‘pembersihan kantor’ akan membantu Anda menganalisis barang-barang yang perlu Anda simpan atau buang. Pastikan bahwa Anda tidak melewatkan langkah ini.

  1. Atur dengan warna dan label

tips menata furniture ruang kerja agar nyaman
Photo by Gautam Lakum on Unsplash

Pilih sistem pelabelan dan warna yang tepat untuk kantor Anda. Luangkan waktu untuk memberi label pada rak, folder, tempat sampah, dan laci. Proses pelabelan ini membantu Anda meletakkan barang di tempat yang tepat dan mengurangi risiko kehilangan dokumen penting.

  1. Gunakan kotak dan wadah penyimpanan

7 tips menata furniture ruang kerja agar nyaman
Photo by Slava Keyzman on Unsplash

Anda dapat menyimpan semua file-file kerja Anda dalam wadah untuk membantu Anda tetap teratur. Wadah plastik dan kotak kardus sangat cocok untuk penyimpanan yang efisien.

Dengan mengelompokkan dan memberi label pada item kantor Anda, Anda akan memiliki ruang kerja nyaman karena telah menempatkannya file-file tersebut ke dalam segmen yang tepat.

  1. Segmentasikan zona kerja Anda

ini 7 tips menata furniture ruang kerja agar nyaman
Photo by Mildly Useful on Unsplash

 

Memiliki zona kerja nyaman ketika work frome home dapat menjadi solusi dari permasalahan Anda. Terkadang, pekerjaan membutuhkan ruang dan alat yang berbeda untuk membantu memicu hasil yang lebih baik.

Pertimbangkan untuk membagi zona kerja Anda menjadi ruang kerja komputer dan ruang kerja berbasis non-komputer. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin perlu menjauh dari pekerjaan berbasis komputer untuk menghindari gangguan. Ini mungkin termasuk penandatanganan kertas, memindai dokumen, menulis di atas kertas atau mungkin hanya menyatukan pikiran Anda.

Meski hanya memiliki satu meja, Anda tetap dapat memanfaatkan area kerja untuk mendapatkan hasil optimal yang Anda inginkan.

  1. Atur aksesoris meja Anda

7 tips menata ruang kerja agar terasa lebih nyaman
Photo by Unsplash

Salah satu cara untuk tetap produktif adalah dengan menata meja kerja Anda. Atur semuanya mulai dari alat tulis, laptop, file. Anda tidak memerlukan tempat alat tulis yang mahal untuk mengatur pena Anda. Cukup percantik kotak penyimpanan itu (baik besar maupun kecil) dan gunakan untuk keperluan kerja Anda.

  1. Rapikan dan atur laptop/desktop Anda

ini 7 tips menata ruang kerja agar terasa lebih nyaman
Photo by Domenico Loia on Unsplash

Konten di komputer Anda atau perangkat elektronik lainnya juga memengaruhi hasil pekerjaan dan kehidupan Anda.

Rapikan dan atur desktop Anda dengan menghapus folder, gambar, atau perangkat lunak yang tidak Anda perlukan.

Atur pekerjaan Anda ke dalam folder yang berbeda dan gunakan catatan tempel digital dan kalender jika diperlukan untuk membantu Anda tetap produktif.

  1. Miliki pengingat yang inspiratif

jasa desain interior ruang kerja
Photo by Mia Baker on Unsplash

Agar tetap selalu terinspirasi dan termotivasi untuk bekerja, Anda memerlukan pengingat di sekitar ruang kerja Anda. Pertimbangkan untuk memasang notes dinding atau area inspirasional untuk mengingatkan Anda tentang tujuan dan impian Anda.

Sangat mudah untuk kehilangan motivasi dan terganggu oleh banyak pekerjaan yang terus menumpuk. Namun, ada cara untuk tetap termotivasi bahkan ketika Anda tidak ingin bekerja.

Sorotan inspirasional di sekitar kantor Anda bahkan dapat dilakukan dengan beberapa dekorasi kertas DIY dan bingkai dengan gambar yang mengingatkan Anda akan tujuan akhir Anda.

Terapkan 7 tips menata furniture ruang kerja di atas untuk membuat Anda semakin produktif selama work from home.

Dan juga, Anda bisa menghubungi tim RUMMX untuk mendapatkan penawaran jasa desain interior ruang kerja yang nyaman dan sesuai kebutuhan Anda.