7 Tips Menata Furniture Ruang Kerja Agar Terasa Lebih Nyaman

7 tips menata furniture ruang kerja agar lebih nyaman

Tahukah Anda bahwa memperhatikan tips menata furniture ruang kerja memiliki dampak yang luar biasa terutama ketika work from home? Penataan furniture dan desain interior ruang kerja yang terorganisir dengan baik dapat menghilangkan gangguan dari apapun dan membantu Anda untuk tetap produktif selama work from home.

Mungkin Anda tidak bisa dengan mudah mengubah pekerjaan, tetapi Anda masih dapat mengoptimalkan ruang kerja Anda dan menjadikannya tempat yang lebih santai untuk menghabiskan waktu dalam melakukan pekerjaan. Hal ini setidaknya akan membantu mengurangi tingkat stres dan meningkatkan produktivitas Anda.

Kunci terbesar untuk menciptakan desain ruang kerja yang nyaman adalah menata isi furniture dengan cara yang sesuai dengan keinginan hati Anda. Dengan begitu, tujuan untuk menciptakan ruang kerja yang lebih nyaman akan lebih mudah diwujudkan. Ingin tahu lebih lanjut tentang tips menata furniture ruang kerja? Yuk simak informasinya di bawah sini.

Tips Menata Furniture Ruang Kerja

Berikut adalah 7 tips menata furniture ruang kerja Anda yang bisa Anda terapkan:

  1. Bersihkan kantor anda
tips menata furniture ruang kerja
Photo by MockupEditor.com from Pexels

Setiap perubahan besar dimulai dengan pembersihan. Rapikan ruang kerja Anda, kosongkan dan singkirkan semua hal yang tidak menambah nilai produktivitas Anda.

Fokus pada satu area pada satu waktu, dapatkan inspirasi dari majalah, pinterest, dan situs web lain tentang jenis ruang kerja yang ingin Anda buat. Keluarkan furnitur, file, dan kelompokkan barang-barang yang tidak perlu menurut kategori kegunaannya.

Melakukan ‘pembersihan kantor’ akan membantu Anda menganalisis barang-barang yang perlu Anda simpan atau buang. Pastikan bahwa Anda tidak melewatkan langkah ini.

  1. Atur dengan warna dan label
7 tips menata furniture ruang kerja
Photo by Frans Van Heerden from Pexels

Pilih sistem pelabelan dan warna yang tepat untuk kantor Anda. Luangkan waktu untuk memberi label pada rak, folder, tempat sampah, dan laci. Proses pelabelan ini membantu Anda meletakkan barang di tempat yang tepat dan mengurangi risiko kehilangan dokumen penting.

  1. Gunakan kotak dan wadah penyimpanan
desain interior ruang kerja
Photo by Anete Lusina from Pexels

Anda dapat menyimpan semua file-file kerja Anda dalam wadah untuk membantu Anda tetap teratur. Wadah plastik dan kotak kardus sangat cocok untuk penyimpanan yang efisien.

Dengan mengelompokkan dan memberi label pada item kantor Anda, Anda akan memiliki ruang kerja nyaman karena telah menempatkannya file-file tersebut ke dalam segmen yang tepat.

  1. Segmentasikan zona kerja Anda
layanan desain interior ruang kerja
Photo by Vlada Karpovich from Pexels

 

Memiliki zona kerja nyaman ketika work frome home dapat menjadi solusi dari permasalahan Anda. Terkadang, pekerjaan membutuhkan ruang dan alat yang berbeda untuk membantu memicu hasil yang lebih baik.

Pertimbangkan untuk membagi zona kerja Anda menjadi ruang kerja komputer dan ruang kerja berbasis non-komputer. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin perlu menjauh dari pekerjaan berbasis komputer untuk menghindari gangguan. Ini mungkin termasuk penandatanganan kertas, memindai dokumen, menulis di atas kertas atau mungkin hanya menyatukan pikiran Anda.

Meski hanya memiliki satu meja, Anda tetap dapat memanfaatkan area kerja untuk mendapatkan hasil optimal yang Anda inginkan.

  1. Atur aksesoris meja Anda
furniture ruang kerja
Photo by Jess Bailey Designs from Pexels

 

Salah satu cara untuk tetap produktif adalah dengan menata meja kerja Anda. Atur semuanya mulai dari alat tulis, laptop, file. Anda tidak memerlukan tempat alat tulis yang mahal untuk mengatur pena Anda. Cukup percantik kotak penyimpanan itu (baik besar maupun kecil) dan gunakan untuk keperluan kerja Anda.

  1. Rapikan dan atur laptop/desktop Anda
menata furniture ruang kerja
Photo by Polina Kovaleva from Pexels

Konten di komputer Anda atau perangkat elektronik lainnya juga memengaruhi hasil pekerjaan dan kehidupan Anda.

Rapikan dan atur desktop Anda dengan menghapus folder, gambar, atau perangkat lunak yang tidak Anda perlukan.

Atur pekerjaan Anda ke dalam folder yang berbeda dan gunakan catatan tempel digital dan kalender jika diperlukan untuk membantu Anda tetap produktif.

  1. Miliki pengingat yang inspiratif
tips menata furniture ruang kerja agar nyaman
Photo by Marko Klaric from Pexels

Agar tetap selalu terinspirasi dan termotivasi untuk bekerja, Anda memerlukan pengingat di sekitar ruang kerja Anda. Pertimbangkan untuk memasang notes dinding atau area inspirasional untuk mengingatkan Anda tentang tujuan dan impian Anda.

Sangat mudah untuk kehilangan motivasi dan terganggu oleh banyak pekerjaan yang terus menumpuk. Namun, ada cara untuk tetap termotivasi bahkan ketika Anda tidak ingin bekerja.

Sorotan inspirasional di sekitar kantor Anda bahkan dapat dilakukan dengan beberapa dekorasi kertas DIY dan bingkai dengan gambar yang mengingatkan Anda akan tujuan akhir Anda.

Terapkan 7 tips menata furniture ruang kerja di atas untuk membuat Anda semakin produktif selama work from home.

Jika Anda berencana untuk merenovasi ruang kerja, maka menghubungi RUMMX Semarang adalah keputusan yang tepat. Karena, RUMMX menyediakan layanan desain interior ruang kerja yang profesional dan terpercaya. Bagaimana dengan harga? Tenang, kami dapat menyesuaikan kebutuhan dengan perencanaan budget Anda.

Hubungi tim marketing RUMMX segera untuk mendapatkan penawaran layanan desain interior ruang kerja yang spesial!