Anti Rugi! Ini Rekomendasi Jenis Bahan Kitchen Set Terbaik

jenis bahan kitchen set terbaik

Satu karakter utama yang harus ada pada jenis bahan kitchen set terbaik adalah memiliki tingkat keawetan yang bagus. Oleh karena itu, Anda sebaiknya membeli atau membuat kitchen set dengan memerhatikan keawetan bahan atau material yang digunakan.

Selain itu, ada satu hal lain yang sebaiknya juga Anda perhatikan saat membeli atau membuat kitchen set, yakni warna. Secara umum, jenis warna dibagi menjadi tiga, di antaranya warna cerah, warna gelap dan warna netral.

Kitchen set berwarna cerah sangat cocok diletakkan di dapur yang berukuran minimalis. Sebab, warna cerah akan menjadikan dapur tampak lapang dan lega. Sementara itu, kitchen set berwarna gelap sangat cocok diaplikasikan pada dapur yang berukuran luas. Dapur akan terlihat mewah dan elegan, dengan syarat pencahayaannya terang. Kemudian, kitchen set berwarna netral dapat menjadi pilihan utama Anda jika ingin tampilan dapur tampak natural.

5 Rekomendasi Jenis Bahan Kitchen Set

Kembali ke pembahasan jenis bahan kitchen set terbaik. Pada dasarnya, ada tiga area di dapur yang sebaiknya perlu menggunakan bahan dengan tingkat keawetan yang apik, yakni kabinet, backsplash dan table top.

Nah, kali ini kita akan membahas mengenai rekomendasi jenis bahan kitchen set terbaik yang direkomendasikan untuk ketiga area tersebut. Kira-kira apa saja ya? Yuk temukan jawabannya di bawah ini!

  1. Bahan Terbaik untuk Kabinet

rekomendasi jenis bahan kitchen set terbaik
Picture by Pinterest (realtor.com)

Sebaiknya ruang dapur memiliki kabinet untuk menyimpan peralatan dan perabotan memasak. Kabinet dapat diletakkan di bawah meja dapur atau di atas meja dapur, sesuai dengan selera Anda.

Nah, bahan kitchen set terbaik untuk kabinet meliputi stainless steel, kayu solid, kayu olahan dan UPVC. Intinya, bahan yang digunakan kabinet harus tahan terhadap lembap, air, cairan kimia dan bahan api. Di samping itu, tingkat keawetan yang bagus juga harus menjadi perhatian utama.

Dari keempat bahan kitchen set yang disebutkan tadi, kami lebih merekomendasikan untuk menggunakan kayu olahan multiplek sebagai bahan utama kabinet. Kayu olahan multiplek memiliki karakter yang sempurna jika diaplikasikan sebagai kabinet, sebagaimana disebutkan di atas. Lebih dari itu, harganya juga terjangkau sehingga tidak membuat kantong Anda jebol.

Di samping itu, kami juga merekomendasikan UPVC (Unplasticized Polyvinyl Chloride) sebagai bahan kitchen set terbaik untuk kabinet. UPVC terkenal dengan karakternya yang kokoh, tahan terhadap lembab, air, karat dan korosi, tidak mudah terbakar, anti rayap dan masih banyak lagi. Selain itu, harganya juga lebih murah dibandingkan bahan-bahan kabinet lainnya.

Oh ya, satu lagi manfaat yang didapat jika menggunakan UPVC sebagai bahan pembuat kabinet. Anda turut berkontribusi dalam mengurangi jumlah penebangan hutan yang pohonnya digunakan untuk pembuatan kayu siap pakai. Sebab, UPVC terbuat dari PVC yang dicampur dengan bahan kimia stabilizer.

  1. Engsel Kabinet yang Berkualitas

5 rekomendasi jenis bahan kitchen set
Picture by Pinterest (kenyarae.com)

Masih berhubungan dengan kabinet. Anda juga harus menggunakan engsel yang berkualitas untuk menunjang kerja pintu kabinet yang dinamis. Mengingat, pintu kabinet akan sering dibuka-tutup untuk mengambil barang di dalamnya.

Ada beberapa jenis engsel yang dapat Anda gunakan untuk kabinet, seperti engsel sendok dan engsel kupu-kupu. Yang jelas, pilih engsel sesuai dengan spesifikasi, bentuk dan ukuran kabinet Anda agar berfungsi dengan baik.

  1. Pelapis Kabinet yang Berkualitas

finishing kitchen set
Picture by Pinterest (qanvast.com)

Pelapisan kabinet atau tahap finishing juga perlu dilakukan pada pembuatan kabinet. Adapun bahan kitchen set yang digunakan untuk pelapisan bergantung dengan jenis material yang Anda gunakan untuk pembuatan kabinet.

Jika Anda menggunakan material kayu olahan multiplek untuk pembuatan kabinet, kami rekomendasikan penggunaan High Pressure Laminate (HPL) sebagai bahan pelapisan. Kuat, tahan lama dan mewah, demikian karakter yang dimiliki HPL. Lebih dari itu, pengerjaan finishing dengan menggunakan HPL juga lebih cepat, praktis dan murah.

  1. Bahan Backsplash yang Mudah Dibersihkan

jasa interior kitchen set
Picture by Pinterest (vivadecora.com)

Ruang dapur harus memiliki area backsplash yang mudah dibersihkan. Area backsplash ini meliputi bagian belakang kompor, wastafel (bak cuci) dan meja dapur (tempat untuk menyiapkan bahan olahan masakan).

Area backsplash ini rawan terhadap ‘serangan’ noda-noda membandel dan cipratan minyak. Oleh karena itu, gunakan jenis bahan kitchen set terbaik yang mudah dibersihkan untuk area backsplash.

Kami merekomendasikan penggunaan keramik atau tegel untuk pelapisan backsplash. Selain mudah dibersihkan, keramik maupun tegel memiliki motif yang beragam. Anda dapat memilih motif sesuai selera dan (tentunya) harus serasi dengan desain interior dapur.

Perlu Anda ketahui, keramik dan tegel memiliki sedikit perbedaan dalam beberapa hal. Penggunaan keramik direkomendasikan bagi Anda yang ingin mendapatkan backsplash yang terjangkau. Namun, material ini mudah pecah, terlebih jika metode pemasangannya tidak tepat.

Sementara itu, penggunaan tegel direkomendasikan bagi Anda yang mau mengeluarkan uang lebih banyak. Tegel memang terkenal dengan karakternya yang kuat dan tingkat ketebalannya lebih tinggi dibandingkan keramik.

  1. Table Top dengan Ketahanan yang Apik

material table top kitchen set
Picture by Pinterest (todacharmosa.com)

Setelah mengetahui jenis bahan kitchen set terbaik untuk kabinet dan area backsplash, saatnya kita menuju ke table top. Kira-kira jenis bahan kitchen set terbaik apa yang paling direkomendasikan untuk table top ya?

Masih banyak masyarakat kita yang mengaplikasikan table top berbahan dasar kayu, stainless steel dan kaca. Padahal, ketiga bahan tersebut kurang direkomendasikan karena tidak memiliki karakter tahan goresan dan tahan panas yang apik. Apalagi bahan kayu yang selain tidak memiliki karakter yang disebutkan tadi, juga mudah menyerap minyak dan noda.

Ya, table top apik adalah yang berbahan dasar dengan karakter tahan goresan, tahan panas dan tidak mudah menyerap minyak dan noda. Ketiga karakter tersebut dapat Anda jumpai pada material marmer, granit, quartz stone atau solid surface.

Memang, keempat bahan kitchen set untuk top table tersebut memiliki harga yang tinggi. Namun, Anda dipastikan tidak akan mengeluarkan uang berkali-kali ke depannya karena tidak perlu gonta-ganti top table.

Nah, perlu Anda ketahui, bahan solid surface memiliki harga yang lebih rendah dibandingkan dengan ketiga bahan tadi. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin mengeluarkan uang lebih sedikit untuk pembuatan top table, gunakan saja bahan kitchen set dari solid surface.

Saatnya Mempercantik Dapur Anda Bersama Jasa Interior Kitchen Set!

Setelah mengetahui perihal jenis bahan kitchen set terbaik, saatnya menerapkan di dapur Anda. Jika sejumlah kitchen set Anda masih belum menggunakan bahan yang direkomendasikan di atas, segera gubah!

Gubah satu per satu area dapur Anda sesuai dengan rekomendasi jenis bahan kitchen set terbaik di atas. Jangan lupa juga untuk memadu padankan dengan desain interior dapur Anda. Sebab, nilai estetika juga diperlukan agar kegiatan memasak atau mengolah makanan menjadi nyaman dan menyenangkan.

Namun, jika dirasa masih kesulitan menentukan bahan kitchen set terbaik berikut memadu padankan dengan desain interior dapur, sebaiknya Anda menggunakan jasa interior kitchen set yang berpengalaman seperti RUMMX.

Kami menyediakan jasa yang memberikan layanan desain interior dapur. Kami dapat membantu Anda menentukan bahan kitchen terbaik yang cocok diaplikasikan di dapur Anda. Berbagai persoalan interior dapur siap kami atasi dengan memberikan solusi terbaik berdasarkan kebutuhan dan selera Anda.

Tunggu apa lagi? Segera gunakan jasa interior kitchen set dari RUMMX sekarang juga!