fbpx

Ciptakan Keunikan Dengan Tips Desain Dapur Industrial

7 tips desain dapur industrial

Kali ini kita akan memberikan tips desain dapur industrial yang belakangan ini banyak digandrungi masyarakat Indonesia. Desain ini merekomendasikan dapur mengaplikasikan warna abu-abu, hitam dan putih sebagai warna dominasi.

Konsep desain industrial dapat menyuguhkan visualisasi yang atraktif dan ekspresif. Saat ini, gaya industrial kerap menjadi pilihan utama bagi kafe-kafe modern. Coba Anda lihat kafe-kafe modern di kota Anda, apakah mereka mengaplikasikan warna abu-abu, hitam atau putih sebagai warna dominasi ditambah dengan penggunaan perabotan yang terbuat dari stainless steel? Kurang lebih seperti itu lah kafe gaya industrial.

Nah, kafe dan dapur adalah dua tempat yang memiliki banyak persamaan. Kedua tempat itu sama-sama berfungsi menghasilkan makanan (atau masakan) dan minuman yang siap disantap. Inilah alasan desain dapur industrial juga cocok diaplikasikan pada ruang dapur.

Lantas, seperti apa tampilan secara keseluruhan dari desain dapur industrial? Untuk mengetahui jawabannya, yuk simak tips desain dapur industrial di bawah ini!

Elemen Wajib Dalam Tips Desain Dapur Industrial

Sebelum menuju ke tips desain dapur industrial, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja elemen dasar yang harus siapkan jika mengadopsi desain tersebut. Elemen dasar yang harus ada pada dapur industrial meliputi peralatan-peralatan stainless steel, logam atau metal, beton dan bata ekspos.

Dapur ala industrial juga sangat cocok dijadikan tempat berkumpul keluarga, selain ruang tamu atau ruang keluarga. Oleh karena itu, direkomendasikan untuk memasang meja makan yang menyatu dengan ruang dapur.

Nah, ada satu hal penting yang harus Anda pertimbangkan sebelum melangkah lebih jauh. Tanyakan pada diri Anda, keputusan seperti apa yang akan Anda ambil dalam mengadopsi desain dapur industrial ini, apakah seratus persen atau sepenuhnya diaplikasikan pada interior dapur Anda, atau hanya mengaplikasikan aksen-aksen industrial.

Keputusan tersebut nantinya dalam memudahkan Anda dalam menggubah dapur. Oleh karena itu, pertimbangankan secara matang dan diskusikan dengan penghuni rumah lainnya untuk mendapatkan keputusan yang tepat.

Tips Desain Dapur Industrial

Berikut ini dijelaskan tips desain dapur industrial secara lengkap dan menyeluruh. Memahami tips berikut ini dengan cermat dapat menghindarkan Anda dari kesalahan-kesalahan dalam menggubah dapur Anda menjadi gaya industrial. Oleh karena itu, simak tips berikut ini dengan saksama!

  1. Mengaplikasikan Elemen Metal

mengaplikasikan elemen metal dalam desain dapur industrial
Picture by Pinterest (magnolia.com)

Seperti disebutkan di atas, elemen metal harus ada pada desain dapur industrial. Elemen metal ini dapat berupa besi, baja, alumunium dan lainnya. Adapun pengaplikasiannya bisa dijadikan meja dapur, kursi, lemari, rak penyimpanan dan rak gantung.

Direkomendasikan bagi Anda mengaplikasikan elemen metal yang berwarna abu-abu atau hitam. Sebab, kedua warna tersebut menjadi warna dasar pada desain dapur industrial.

  1. Mengaplikasikan Material Selain Metal

jasa desain dapur profesional
Picture by Pinterest (vivadecora.com)

Anda juga boleh-boleh saja mengaplikasikan elemen yang berbahan dasar selain metal. Hal ini bahkan dapat mempertegas dan menambah dekorasi konsep industrial pada dapur Anda.

Material selain metal yang dimaksud dapat berupa panel kayu, aklirik, beton maupun pipa. Keempat material tersebut sangat cocok menjadi ‘pelengkap dekorasi’ desain dapur industrial sehingga menyuguhkan tampilan yang tidak monoton.

  1. Menjadikan Abu-abu atau Hitam Sebagai Warna Dominasi

warna desain dapur industrial
Picture by Pinterest (rockyhedgefarm.com)

Sebagaimana disinggung di atas, abu-abu dan hitam merupakan warna dominasi yang paling direkomendasikan desain dapur industrial. Kendati Anda juga boleh menerapkan warna yang lebih cerah, seperti putih.

Karena menjadi warna paling direkomendasikan, warna abu-abu dan hitam hingga saat ini masih menjadi primadona bagi pecinta gaya industrial. Perlu diingat, untuk mendapatkan padu padan yang serasi, sebaiknya Anda menyamakan warna material dasar dengan dinding dapur. Misalnya, apabila Anda menyukai warna material dasar abu-abu maka warna dinding sebaiknya juga abu-abu.

  1. Biarkan Sebagian Kecil Elemen Unfinished

elemen unfinished dalam desain dapur industrial
Picture by Pinterest (decorlovin.com)

Satu hal penting yang harus Anda pahami dalam menerapkan desain dapur industrial adalah membiarkan sebagian kecil elemen unfinished. Misalnya, Anda dapat menerapkan bata atau beton ekspos pada bagian tertentu. Anda juga dapat mengaplikasikan kayu yang masih memiliki tekstur kasar dan metal daur ulang.

Langkah ini terbukti mampu menghidupkan dapur industrial sekaligus tidak menjadikannya terkesan monoton. Namun, sekali lagi perlu diingat, gunakan material unfinished ini sebagian kecil saja. Sebab, jika terlalu banyak, apalagi mendominasi, bisa jadi desain dapur Anda berubah menjadi gaya tradisional.

  1. Gunakan Pencahayaan yang Optimal

Pencahayaan desain dapur industrial
Picture by Pinterest (backsplash.com)

Tips desain dapur industrial berikutnya adalah menggunakan pencahayaan yang optimal. Ya, aspek pencahayaan ini memiliki peranan yang sangat penting, mengingat warna dominasi gaya industrial yang paling direkomendasikan adalah abu-abu dan hitam. Jika pencahayaannya buruk, bisa jadi dapur Anda akan terlihat gelap.

Nah, pemilihan lampu pada desain dapur industrial ini berbeda dengan gaya-gaya lainnya. Direkomendasikan bagi Anda menggunakan pencahayaan yang memancarkan warna selain putih. Misalnya kuning, oranye atau lainnya.

Di samping itu, peletakan lampu juga sebaiknya tidak digantung begitu saja di langit-langit dapur. Anda dapat berkreasi terkait hal ini agar interior dapur Anda tampil berbeda. Misalnya, meletakkan lampu di sisi-sisi dapur.

  1. Beranilah Berkreasi

tips dekorasi desain dapur industrial
Picture by Pinterest (mydomain.com)

Lima tips di atas merupakan inti dari pengaplikasian desain dapur industrial. Setelah itu, Anda boleh berkreasi untuk menambah dekorasi-dekorasi yang apik. Namun, jangan lupa untuk memadu padankan dekorasi dengan inti utama dari dapur industrial itu sendiri.

Kunci utamanya adalah beranilah dalam berkreasi. Jangan sampai membatasi ruang kreatif Anda agar tidak ada keraguan dalam memberikan sentuhan-sentuhan tambahan pada dapur industrial Anda. Adapun kreasi sederhana yang dapat Anda terapkan adalah menambahkan tanaman hias cantik yang ditaruh di kaleng bekas berwarna abu-abu.

  1. Ekspos Saluran Pipa

ekspos saluran pipa pada desain dapur industrial
Picture by Pinterest (decoholic.org)

Opsi berikutnya untuk ‘mempercantik’ desain dapur industrial adalah mengekspos saluran pipa. Ya, saluran pipa memang menjadi elemen penting yang harus ada pada dapur. Namun, selain itu, Anda juga dapat menjadikan pipa panjang ini sebagai pelindung kabel yang dipampangkan pada dinding.

Kemudian, Anda juga dapat menjadikan pipa untuk elemen kecil meja dapur atau bahkan menjadi rak gantung untuk peralatan dapur Anda. bisa juga material pipa disulap menjadi tempat tanaman hias gantung.

Saatnya Menerapkan Desain Dapur Industrial Bersama Jasa Desain Dapur Profesional!

Setelah mengetahui dan memahami tips desain dapur industrial, saatnya Anda beraksi! Terapkan apa yang sudah dijelaskan di atas pada ruang dapur Anda. Beranilah dalam berkreasi, jangan batasi ruang kreatif dan hilangkan sifat keraguan dalam memberikan sentuhan-sentuhan unik pada dapur Anda.

Namun, jika Anda betul-betul tidak bisa melakukannya sendiri, sebaiknya Anda menggunakan layanan jasa interior dapur profesional.

Kami siap membantu Anda mengubah tampilan dapur Anda bergaya industrial. Selain itu, kami juga memiliki stok desain menawan lainnya yang dapat Anda jadikan referensi utama. Misalnya desain dapur modern, tradisional, skandinavia, minimalis dan lainnya.

Kami memiliki tim ahli desain interior yang profesional, berpengalaman dan terpercaya dalam mengubah tampilan dapur menjadi lebih cantik dan menawan.

Tunggu apa lagi? Segera hubungi RUMMX untuk mendapatkan penawaran jasa desain dapur profesional sekarang juga!