fbpx

Inspirasi Desain Dapur Tradisional, Sederhana & Menawan!

jasa desain dapur tradisional (inspirasi desain dapur tradisional)

Di era serba modern saat ini, inspirasi desain dapur tradisional menjadi sesuatu yang menarik. Tidak hanya tampil berbeda, gaya tradisional dapat menciptakan suasana ‘dapur alam’. Mengapa bisa seperti itu?

Pada umumnya, desain dapur tradisional mengandalkan material alam, seperti batu alam dan kayu. Dengan kata lain, interior dapur bergaya tradisional didominasi oleh material-material alami.

Lebih lanjut, desain dapur tradisional juga kerap mendapatkan sentuhan gaya etnik yang sangat khas di suatu daerah. Misalnya daerah Jawa yang mana bangunannya sering didominasi penggunaan kayu sebagai material utamanya.

Nah, kali ini kita akan membahas tuntas mengenai inspirasi desain dapur tradisional. Kita akan membeberkan tampilan-tampilan khas yang wajib ada pada desain ini. Selain itu, kita juga akan memaparkan beberapa desain dapur tradisional di beberapa negara.

Yuk, simak pembahasan selengkapnya di bawah ini!

  1. Dapur Tradisional Pesona Etnik
desain dapur tradisional
Picture by Pinterest (RealHomes)

Seperti disebutkan di atas, setiap daerah memiliki gaya etnik yang khas dan berbeda dengan yang lain. Oleh karena itu, sebelum melangkah lebih jauh, Anda sebaiknya menentukan terlebih dahulu gaya etnik daerah mana dan seperti apa yang akan dijadikan referensi utama desain dapur tradisional Anda.

Perlu diketahui, jika Anda ingin menerapkan desain dapur tradisional, maka sebaiknya seluruh interior dan eksterior rumah juga mengerapkan gaya tradisional. Dengan begitu, dapur Anda akan memiliki padu padan yang serasi dengan interior lainnya di dalam rumah Anda.

Namun, Anda juga boleh-boleh saja menerapkan gaya tradisional hanya pada ruang dapur. Dengan kata lain, semua pilihan tergantung pada selera Anda.

  1. Furnitur dan Perabotan Bermaterial Alam
inspirasi desain dapur tradisional
Picture by Pinterest (CocoKelley)

Kesan tradisional akan semakin mencolok jika Anda menggunakan furnitur dan perabotan yang terbuat dari material alam. Pertama, Anda dapat menggunakan meja dapur kayu, kursi kayu, tempat penyimpan makanan berbahan dasar kayu, bingkai jendela kayu, rak kayu dan furnitur lainnya yang berbahan dasar kayu.

Nah, agar suasana dapur semakin cantik, Anda dapat menggunakan material kayu yang Nampak usang. Perlu diingat, hanya tampilannya yang nampak usang namun kualitasnya tetap bagus dan awet. Cara ini akan membuat dapur Anda terkesan ‘berumur tua’ namun terlihat masih kokoh alias tidak rapuh sebagaimana dapur tua yang tidak terawat.

Kedua, selain kayu, Anda dapat menggunakan material batu alam. Material batu alam ini dapat diaplikasikan pada bagian belakang wastafel dan kompor yang sering terpapar noda dan kotoran yang membandel. Selain bernuansa tradisional, menggunakan batu alam pada area tersebut dapat memudahkan Anda membersihkan noda dan kotoran yang membandel itu. Sehingga, tidak ada alasan bagi Anda untuk malas bersih-bersih ya!

  1. Peralatan Masak Berbahan Dasar Tembaga Kuningan
jasa desain dapur tradisional
Picture by Pinterest (Chairish)

Desain dapur tradisional Anda akan semakin kentara dengan kehadiran peralatan memasak berbahan dasar tembaga kuningan. Misalnya, wajan, panci, sudip, sendok, garpu dan lainnya.

Pamerkan sejumlah peralatan memasak berbahan dasar tembaga kuningan itu dengan cara menggantungnya di dinding. Anda juga bisa menggantungnya pada rak terbuka.

Nah, perlatan memasak berbahan tembaga kuningan ini tidak hanya memancarkan kesan dapur tradisional, melainkan juga melambangkan kemewahan dan kebanggan. Pasalnya, masyarakat kita dulu menganggap benda berbahan tembaga kuningan memiliki nilai yang tinggi. Oleh karena itu, tidak heran jika masyarakat dulu memamerkan sendok dan garpu berbahan tembaga kuningan di ruang tamu. Anda pernah mengetahuinya?

  1. Lantai Kayu dan Dinding Bata Plester
desain interior dapur tradisional
Picture by Pinterest (ElleDecor)

Selanjutnya, Anda juga dapat mengggunakan kayu sebagai material lantai. Nah, untuk mendapatkan kesan yang apik, pilih kayu yang bercorak kuat. Selain itu, jangan lupa pilih kayu yang memiliki tingkat keawetan yang bagus ya.

Lebih lanjut, inspirasi desain dapur tradisional akan semakin menawan dengan mengadopsi dinding bata tanpa plester. Interior dapur Anda akan terlihat klasik namun masih memiliki nilai estetika yang tinggi.

Desain Dapur Tradisional di Beberapa Negara

Nah, kali ini kita akan melihat inspirasi desain dapur tradisional di beberapa negara di luar Indonesia. Mungkin saja, salah satu referensi desain dapur tradisional luar negeri ini membuat Anda kepincut untuk mengadopsinya.

Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

  1. Dapur Tradisional Khas Jepang
dapur tradisional khas jepang
Picture by Pinterest (Kiarts)

Desain dapur tradisional khas Jepang didominasi oleh material kayu. Ya, berbagai furnitur, peralatan memasak, dinding maupun lantai, semuanya menggunakan material kayu.

Memangnya dapur tidak menjadi monoton jika didominasi material kayu? Tidak! Justru interior dapur akan memiliki kesan vintage yang kuat. Dan tentunya, desain dapur tradisional khas Jepang ini akan menampakkan tampilan yang berbeda jika Anda terapkan di Indonesia.

  1. Dapur Tradisional Khas Spanyol
dapur tradisional khas spanyol
Picture by Pinterest (LizMarieBlog)

Desain dapur tradisional khas Spanyol ini sangat cocok diaplikasikan pada dapur yang berukuran minimalis. Dapur ala Spanyol ini menonjolkan dua warna yang mendominasi dan memiliki padu padan yang serasi. Dua warna tersebut adalah putih dan cokelat tua.

Warna putih diaplikasikan pada seluruh dinding dapur, sementara warna cokelat tua diaplikasikan pada meja dapur berikut kursinya. Selain itu, warna cokelat tua juga dapat diaplikasikan pada lantai dapur.

Perpaduan dua warna ini dapat membuat dapur Anda memiliki kesan tradisional yang unik dan luas. Mungkin tidak banyak orang Indonesia yang mengadopsi desain dapur tradisional ala Spanyol ini. Sehingga, jika Anda kepincut untuk menerapkannya, maka dipastikan suasana dapur Anda akan berbeda dengan yang lain.

  1. Dapur Tradisional Khas Swedia
inspirasi dapur tradisional khas swedia
Picture by Pinterest (House&Garden)

Desain dapur tradisional khas Swedia sangat cocok diaplikasikan di tempat tinggal Anda yang berada di kawasan perbukitan atau kawasan hijau. Ya, dapur klasik asal Swedia ini memang mengharuskan adanya jendela besar sebagai tempat untuk pergantian udara. Nah, agar lebih berseri-seri, jendela pada dapur tersebut sebaiknya mengarah ke pemandangan hijau.

Sama seperti dapur tradisional khas Spanyol, dapur tradisional khas Swedia juga didominasi warna putih. Adapun beberapa furnitur dapur, seperti meja, kursi dan lemari, direkomendasikan untuk menggunakan material kayu yang bercorak usang. Corak usang bukan berarti sudah rapuh ya!

  1. Dapur Tradisional Khas Amerika
dapur tradisional khas America
Picture by Pinterest (Town&CountryLiving)

Desain dapur khas Amerika didominasi oleh penggunaan material kayu. Material kayu ini diaplikasikan pada bingkai jendela, sejumlah perabotan dan lantai. Adapun meja dapur, pada bagian atasnya disarankan untuk menggunakan material marmer.

Dapur tradisional khas Amerika ini memang tidak hanya menampakkan tampilan klasik, melainkan juga kemewahan dan kekokohan.

Saatnya Menggubah Dapur Anda Bersama Jasa Desain Kitchen Set Semarang!

Inspirasi desain dapur tradisional mana yang menurut Anda paling menarik? Apakah desain dapur khas Jepang, Amerika, Spanyol, Swedia atau justru Indonesia? Setelah Anda menentukan pilihan, saatnya Anda mengaplikasikannya pada dapur Anda. Tidak usah ragu menggubah dapur Anda sesuai dengan desain pilihan Anda.

Namun, jika Anda merasa kesulitan dan bingung memilih dan menerapkan desain dapur tradisional, maka sebaiknya Anda menggunakan jasa desain kitchen set Semarang yang profesional.

Kami menyediakan jasa desain kitchen set untuk Anda. Kami memiliki tim ahli desain interior yang profesional, berpengalaman dan terpercaya dalam mempercantik tampilan dapur menjadi lebih elegan dan menawan. Selain gaya tradisional, kami juga memiliki berbagai referensi desain dapur yang dapat Anda adopsi, seperti dapur bergaya skandinavia, modern, industrial, minimalis dan lainnya.

Tunggu apa lagi? Yuk gunakan jasa desain kitchen set Semarang dari Rummx sekarang juga!