Unik! Ini 4 Inspirasi Desain Dapur Bergaya Skandinavia

jasa desain dapur bergaya skandinavia untuk rumah minimalis

Hingga saat ini, desain dapur bergaya skandinavia masih menjadi primadona bagi masyarakat Indonesia. Desain ini menjadikan fungsionalitas sebagai prioritas utama sehingga sangat cocok diaplikasikan pada dapur berukuran minimalis.

Seperti diketahui, dapur adalah ruangan yang wajib ada pada bangunan rumah. Idealnya, desain interior dapur harus memiliki suasana yang nyaman dan enak dipandang. Sehingga, kegiatan memasak menjadi semakin menyenangkan, bahkan betah berlama-lama di dapur.

Namun, sering kali penghuni rumah merasa bingung bagaimana cara membuat ruang dapur yang berukuran minimalis memiliki suasana yang nyaman. Sebenarnya mudah kok! Terapkan saja desain dapur bergaya skandinavia.

Ya, desain dapur bergaya skandinavia dapat dikatakan sebagai anak dari konsep minimalis. Desain ini berasal dari negara-negara Nordik yang terkenal dengan iklim ekstrem, termasuk timbulnya musim salju. Hal ini menjadikan masyarakat Nordik lebih mengutamakan fungsionalitas dan kesederhanaan.

Di samping itu, desain dapur bergaya skandinavia juga menonjolkan keindahan dan kebersihan. Oleh karena itu, dalam pengaplikasiannya, penggunaan cat putih lebih direkomendasikan untuk memperoleh kedua unsur tersebut.

Ide Desain Dapur Bergaya Skandinavia

Nah, Anda pasti sudah penasaran dengan model dan seluk-beluk dari desain dapur skandinavia ini, kan?

Yuk, simak cara menerapkan desain dapur bergaya skandinavia berikut ini!

  1. Dominasi Warna Cerah

jasa desain dapur bergaya skandinavia
Photo by Pinterest

Desain dapur bergaya skandinavia didominasi oleh warna cerah. Warna cerah ini dapat diaplikasikan pada dinding, langit-langit, elemen berbahan kayu dan lainnya. Kami merekomendasikan penggunaan warna putih sebagai warna yang mendominasi dapur skandinavia Anda. Namun, Anda juga boleh memilih warna cerah lain, seperti abu-abu kehijauan, biru keabu-abuan dan lainnya.

Karena menjadi warna dominasi, maka seluruh ruangan dapur Anda sebaiknya dicat dengan warna cerah. Kecuali beberapa bagian yang memang mengharuskan penggunaan warna kuat. Jadi, Anda harus mengecat seluruh dinding dapur dengan warna cerah pilihan Anda.

Lebih lanjut, masyarakat kita sering mengaplikasikan ubin backsplash pada area-area tertentu agar mudah dibersihkan dari noda atau kotoran yang membandel. Misalnya, area wastafel dan kompor, kedua area tersebut membutuhkan ubin backsplash.

Nah, karena Anda mengadopsi desain dapur skandinavia, Anda juga harus memilih ubin berwarna cerah, seperti putih, biru pucat, abu-abu dan lainnya. Yang terpenting adalah warna ubin tersebut memiliki padu padan yang serasi dengan dinding dapur Anda.

  1. Elemen Berbahan Kayu Berwarna Cokelat Pucat

inspirasi desain dapur bergaya skandinavia
Photo by Pinterest

Penerapan desain dapur bergaya skandinavia sebaiknya diimbangi dengan elemen kayu. Elemen kayu ini berfungsi agar suasana dapur tidak terlalu kaku. Mengenai warna, sebaiknya elemen kayu tersebut berwarna cokelat pucat.

Apa saja elemen kayu yang dimaksud? Seperti dapur pada umumnya, elemen kayu yang dimaksud dapat berupa meja, kursi, gantungan peralatan masak, bingkai jendela dan lainnya. Nah, kesemua itu sebaiknya berwarna cokelat pucat.

Khusus untuk meja dapur bagian atas. Anda dapat menerapkan material lain selain kayu, yakni marmer atau granit. Material ini juga memiliki keserasian dengan desain dapur skandinavia. Perlu diingat, gunakan material yang tahan lama ya! Sebab, meja dapur akan terpapar dengan panci dan wajan panas.

  1. Lantai Berwarna Cerah

scandinavian kitchen
Photo by Pinterest

Pada desain dapur skandinavia, selain dinding dan elemen dapur, bagian lantai juga harus berwarna cerah. Anda dapat memasang lantai keramik atau lantai kayu. Mengenai lantai keramik, Anda dapat memilih bercorak atau tanpa corak. Jika Anda memilih lantai keramik bercorak, pastikan tidak terlalu ramai dan mencolok. Untuk warna, sebaiknya Anda memilih lantai keramik berwarna putih.

Nah, jika Anda menggunakan lantai kayu, maka pastikan warnanya sesuai dengan elemen berbahan kayu lainnya yang ada di dapur, yakni cokelat pucat.

  1. Wajib Ada Meja Makan

desain dapur bergaya skandinavia
Photo by Pinterest

Mengapa desain dapur bergaya skandinavia harus menyertakan meja makan?

Jawabannya sederhana, karena negara-negara Nordik kerap dilanda salju ekstrem. Keluarga di rumah, pada saat itu, pastinya mendambakan kehangatan. Nah, kehangatan ini dapat diperoleh dengan cara berkumpul bersama keluarga di meja makan yang berada di dapur yang hangat.

Itulah alasan mendasar mengapa desain dapur skandinavia wajib ada meja makan. Jadi, jika Anda belum memiliki meja makan, segeralah untuk menghadirkannya dengan cara membeli. Namun, jika ingin menghemat, Anda dapat menggubah meja dan kursi yang Anda punya menjadi meja makan. Jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan interior dapur Anda, sebagaimana dijelaskan di atas.

Memang, Indonesia bukan termasuk negara yang dihujani salju. Namun, kehangatan dan keharmonisan keluarga tetap harus dijaga, kan? Nah, desain dapur skandinavia ini menjadi rekomendasi utama untuk Anda.

Keuntungan Menerapkan Desain Dapur Skandinavia

Apa saja keuntungan yang Anda dapat jika menerapkan desain dapur bergaya skandinavia? Sebenarnya, pertanyaan ini sudah sedikit terjawab pada pembahasan di atas.

Ya, sebagaimana disinggung sebelumnya, desain dapur skandinavia merupakan anak dari konsep minimalis. Jadi, keuntungan pertama yang Anda dapatkan dengan menerapkan desain skandinavia adalah dapur Anda akan tampak lebih luas, lapang dan lega. Hal ini dikarenakan gaya skandinavia menonjolkan pemilihan warna cerah dan prinsip fungsionalitas. Sehingga, peralatan, elemen dan bagian dapur yang tidak diperlukan harus disingkirkan dari ruang dapur Anda.

Lebih lanjut, warna putih yang merupakan warna yang paling direkomendasikan gaya skandinavia akan membuat suasana dapur Anda menjadi lebih bersih, sederhana dan menawan. Apalagi jika pencahayaan dapur Anda cukup bagus, baik melalui jendela atau skylight. Dijamin, dapur yang bergaya ala interior negara-negara Nordik tersebut akan semakin berseri-besi. Kehangatan dan keharmonisan keluarga pun akan tercapai saat bersama-sama menyantap hidangan di atas meja makan. Bahkan, bisa saja Anda bersama keluarga lebih senang berlama-lama di ruang dapur.

Keuntungan mengadopsi desain dapur skandinavia adalah tidak membutuhkan banyak biaya serta mudah diaplikasikan. Ya, desain yang keren ini memang sangat sederhana dalam pengaplikasiannya. Anda hanya perlu menyiapkan cat berwarna putih, perabotan berwarna putih dan furnitur berbahan dasar kayu berwarna cokelat pucat. Anda juga disarankan hanya menaruh peralatan dan perlengkapan dapur yang betul-betul sering digunakan.

Jika Anda ingin menekan biaya, hal itu pun bisa dilakukan. Anda dapat memanfaatkan sejumlah furnitur yang sebelumnya tidak atau kurang berguna, kemudian digubah menjadi furnitur menawan di ruang dapur Anda. Misalnya, meja dan kursi tidak berguna, dipoles sesuai dengan gaya skandinavia, jadilah meja makan yang siap dipasang di dapur Anda.

Saatnya Menerapkan Gaya Skandinavia di Dapur Anda!

Setelah mengetahui bagaimana cara menerapkan desain dapur bergaya skandinavia plus keuntungan yang didapatkan, saatnya Anda menerapkan langsung di dapur Anda. Tidak usah ragu untuk menggubah dapur Anda agar mirip dengan dapur-dapur di negara-negara Nordik ini.

Namun, jika Anda masih merasa sulit dan bingung menerapkan desain interior dapur skandinavia ini, Anda sebaiknya menggunakan jasa dari RUMMX.

Kami menyediakan jasa desain interior dapur untuk Anda. Kami memiliki tim ahli desain interior yang profesional, berpengalam dan terpercaya dalam menggubah tampilan dapur menjadi lebih cantik, menawan dan elegan. Selain gaya skandinavia, kami juga memiliki berbagai referensi desain dapur yang dapat Anda adopsi.

Tunggu apa lagi? Yuk gunakan jasa desain interior dapur dari RUMMX sekarang juga!