Pelajari! 7 Tips Menata Furniture Ruang Kerja Agar Terasa Lebih Nyaman

ruang kerja nyaman

Tips menata furniture ruang kerja

Semenjak masa pandemi ruang kerja menjadi tempat ternyaman bagi seorang karyawan yang harus work from home. Menurut ilmu psikologi ruang kerja yang nyaman dapat mempengaruhi produktifitas otak kita sehingga menghasilkan ide-ide kreatif dan lebih semangat dalam bekerja. Ingin memiliki tempat kerja yang rapi dan nyaman? Berikut 7 tips menata furniture ruang kerja agar terasa lebih nyaman selama bekerja dari rumah!

Pilih Tema yang Disukai

Tips menata furniture ruang kerja pertama yang perlu kamu lakukan adalah memilih tema ruang kerja sesuai dengan yang kamu sukai. Misalnya kamu suka konsep monokrom kamu bisa mengganti cat atau tips menata furniture ruang kerja dengan warna – warna hitam atau putih. Biasanya tema minimalis akan memberikan kesan rapi dan bersih sehingga ruang kerja terasa lebih nyaman.

Sediakan Ruang yang Cukup

Kesalahan yang sering dilakukan oleh karyawan yang bekerja dari rumah adalah membuat ruang kerja sekedarnya dengan ruang yang sempit. Hal ini akan membuat kamu merasa tidak nyaman sehingga mempengaruhi produktifitas dalam bekerja. Usahakan memberi ruang yang cukup untuk tempat kerjamu di dalam rumah sehingga bisa leluasa dalam bergerak bahkan melakukan stretching saat badan sudah mulai kaku ketika bekerja.

Ubah Suasana Ruang Kerjamu

Untuk menciptakan ruang kerja nyaman juga bisa dengan cara mengubah suasana ruang kerja. Memindahkan tips menata furniture ruang kerja, barang-barang diatas meja dan menyusun ulang dengan tata letak yang baru akan memberikan suasana baru. Kamu juga bisa mengganti warna dinding atau meja kerja untuk mendapatkan suasana ruang kerja yang baru. Tips satu ini bisa kamu lakukan agar ruang kerja terasa berbeda dan lebih segar.

Pastikan Pencahayaan Cukup

Tata letak ruang kerja yang baik adalah dengan memperhatikan pencahayaan cukup sehingga mata terasa lebih nyaman. Memastikan pencahayaan yang cukup berarti kamu perlu memperhatikan pencahayaan saat siang hari dan malam hari. Tips yang berlu diingat adalah jangan sampai kursi meja kerja membelakangi cahaya lampu atau jendela ruangan karena cahaya akan terhalang oleh tubuhmu.

Buang Furniture Tak Terpakai

Work from home menandakan sebagian waktu akan habis di ruang kerja nyaman apalagi kalau jobdesk lumayan padat. Ada baiknya jika mulai menyingkirkan furniture yang tak terpakai untuk memberi kesan lebih luas pada meja kerja. Furniture yang tak terpakai membuat meja terlihat penuh maka kamu bisa mengganti dengan furnituee yang meningkatkan kreativitas dan semangat kerja seperti malajah, kopi atau yang lainnya. Barang yang perlu disingkirkan ini juga termasuk dokumen dan kertas-kertas lama yang sudah tidak kamu butuhkan, ya!

ruang kerja nyaman

Tips Menata Furniture Ruang Kerja Atur Tata Letak

Setelah membuat furniture yang tidak terpakai, untuk membuat ruang kerja lebih nyaman aturlah tata letak sesuai dengan kebutuhan. Misalnya dengan meletakkan laptop dibagian tengah dan printer disamping kiri untuk mempermudah pekerjaanmu. Sisakan ruang untuk meletakkan catatan atau notes, jadi kamu tidak akan lupa apa yang harus dikerjakan saat itu juga. Letakkan tips furniture ruang kerja yang sekiranya sering kamu gunakan sehingga mempermudah pekerjaanmu dan lebih hemat waktu.

Pindahkan Meja Kerja ke Dekat Jendela

Desain interior ruang kerja yang baik memiliki sirkulasi udara yang tepat, sehingga tempat kerja tidak terasa pengap dan lembab. Maka ada baiknya kamu memindahkan meja kerja ke dekat jendela untuk mendapatkan sirkulasi udara dan cahaya yang baik. Selain membuat ruangan lebih terang, memindahkan meja kerja ke dekat jendela juga akan membuat tempat kerja lebih hangat dan menyenangkan, lho! Apalagi jika jendela kamarmu langsung menuju ke pemandangan alam, akan sangat berguna untuk membuat mata jadi lebih rileks dan segar.

Itulah dia 7 tips menata ruang kerja agar terasa lebih nyaman selama work from home. Sudah siap menata ulang ruang kerjamu? Ingat, tempat kerja yang nyaman akan membuatmu jadi lebih produktif. Dan merubah tata letak atau tips menata furniture ruang kerja secara rutin akan memberi suasana baru pada tempat kerja sehingga kamu merasa lebih bersemangat dalam bekerja.